-->

Jangan Salah Pilih Air dalam Kemasan

air kemasan


MEMILIH air putih untuk dikonsumsi harus lebih teliti. Apalagi, kini banyak sekali jenis air putih dalam kemasan yang beredar di pasaran dan diklaim bermanfaat bagi kesehatan. Sebut saja, air oksigen, air alkali, air kosong dan air demineral.

Dokter spesialis Gizi klinik MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Dr dr Samuel Oetoro MS SpGK menjelaskan, banyaknya klaim mengenal manfaat satu produk air di pasar tidak memiliki dasar keilmuan. "Misalnya, klaim dapat memberikan manfaat lebih untuk kesehatan hingga menyembuhkan berbagai penyakit." kata dr Samuel.

Air oksigen adalah air yang diberi oksigen tambahan. Berdasar mitos, yang beredar, air oksigen berkhasiat untuk kesehatan, kebugaran, ketahanan olahraga, dan ketahanan tubuh. Faktanya, saat botol dibuka, oksigen dalam air tersebut akan hilang 80 persen sehingga kandungan oksigen dari produk air beroksigen sangat sedikit, bahkan lebih sedikit dari sekali hirupan nafas.

Air Alkali memiliki pH pada rentang basa (pH lebih dari 8). Mitosnya, tubuh yang sakit disebabkan tidak seimbangnya kondisi alam-basa. Sebab, keadaan tubuh terlalu asam. Air alkali pun diklaim mampu menyehatkan karena dapat menetralkan kondisi tubuh yang terlalu asam. Faktanya, tubuh manusia punya mekanisme otomatis untuk mengatur pH darah agar tetap konstan, meski mengonsumsi sesuatu yang asam. "Tubuh menyesuaikan pH untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam darah melalui organ pengatur pH, yaitu paru dan ginjal," papar dr Samuel.

Sementara itu, air demineral atau air kosong adalah air yang di dalamnya tidak mengandung mineral, melainkan hasil proses penyulingan (destilasi) menggunakan teknologi reverse osmosis atau hiperfiltrasi. Menurut mitos, air tanpa mineral lebih baik untuk kesehatan tubuh, khususnya ginjal. Bagi yang berolahraga, kerap juga diperoleh manfaat untuk diet serta melakukan detoks.


Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), air demineral bersifat reaktif dan agresif serta akan bereaksi dengan CO2 di udara sehingga menjadi asam. Air demineral juga bersifat korosif pada metal dan pipa. Air demineral juga akan menarik mineral seperti kalsium dan magnesium dari dalam tulang. Mengonsumsinya dalam jangka panjang akan mengakibatkan osteoporosis. Karena itu, air putih yang bermineral menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan. Terutama yang memiliki kandungan mineral seimbang yang diperlukan tubuh.


Baca juga ya bacaan kami yang menarik lainnya di >> Daftar isi

2 comments:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6