-->

Hati-hati Virus dan Bakteri, Yuk Hidup Sehat !


Hyattsyyii! Pernah nggak kalian bersin-bersin, demaam, sakit kepala, atau diare? Badan lemas, wajah tidak ceria, sampai tidak bisa masuk sekolah? Apa sih, yang mengakibatkan kita sakit? Ayo, kita pelajari.



Sejumlah penyakit yang pernah kalian alami disebabkan virus maupun bakteri. Virus dan bakteri menyebar lewat lingkungan kita. Kalau daya tahan tubuh kalian sedang turun, virus dan bakteri akan mudah masuk ke tubuh. Akhirnya, kita terserang penyakit. Dokter Zahrah Hikmah, dokter anak dari RSUD dr Soetomo Surabaya, menjelaskan berbagai penyakit serta tanda-tandanya.
  1. Batuk Pilek. Yang ini mungkin yang sering kita alami. Gejalanya adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, demam, dan sering disertai sakit kepala. Badan kita juga lemas. Penyakit ini disebabkan beberapa virus. Salah satunya rhinovirus. Virus ini menyebar melalui udara. Makanya, kalau ada orang yang sakit batuk pilek, mereka harus memakai masker. Tujuannya, mencegah virus menyebar ke udara. Kalian juga pakai masker ya kalau sakit batuk pilek.  
  2. Hepatitis A. Penyakit ini menyerang hati. Penyebabnya adalah virus hepatitis. Gejalanya adalah demam dan muncul bercak-bercak kuning pada tubuh. Selain itu air seni berwarna cokelat gelap. Untuk mencegah penyakit ini kalian harus mendapat vaksin hepatitis A. Dengan demikian, daya tahan tubuh kalian bakal kebal terhadap penyakit ini. 
  3. Demam Berdarah. Penyakit ini disebabkan virus dengue. Virus tersebut menjadikan tubuh nyamuk aedes aegypti sebagai tempat berkembang biak. Nyamuk itu memiliki warna tubuh belang (hitam-putih) dan sering menggigit pada siang hari. Penyakit tersebut ditandai dengan demam tinggi selama 3 hari. Setelah itu demam akan turun, tapi penyakit belum sembuh. Oh iya, bintik-bintik merah akan muncul di tubuh kalian, bahkan mimisan. 
  4. Diare. Diare ditandai dengan buang air besar yang cair dan berulang. Kadang-kadang diare juga disertai muntah dan perut kembung. Kalian juga dapat merasa haus karena kekurangan cairan tubuh. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus rotavirus maupun bakteri. Keduanya sering bersarang di lingkungan yang kotor. 
  5. Tifus. Penyebabnya adalah jenis bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut biasanya berkembang biak di lingkungan kotor. Bagian tubuh yang diserang adalah usus halus, karena itu, penderita tifus akan mengalami rasa sakit di bagian perut. Gangguan lainnya adalah diare, susah buang air besar, mual dan muntah. Badan juga akan mengalami demam sekitar seminggu. 
  6. Cacar Air. Gejalanya diawali dengan demam selama beberapa hari. Selanjutnya, akan muncul bintik-bintik yang berisi air di tubuh kita. Penyebabnya adalah virus Varicella Zoster. Tahu nggak teman-teman, ternyata kalian hanya menderita penyakit ini sekali seumur hidup lho. 
  7. Alergi. Suatu gangguan ketika tubuh sangat sensitif bereaksi secara imunologi terhadap bahan atau zat tertentu. Setiap orang mempunyai sistem tubuh yang berbeda-beda sehingga jenis alergi pun beragam. Ada yang disebabkan debu, asap kendaraan, atau bahkan makanan. Gejalanya bisa bermacam-macam, mulai batuk, muntah, diare, gatal-gatal, pusing, hingga sesak nafas. 
  8. Radang Tenggorokan. Tenggorokan terasa sakit saat menelan makanan. Waktu dilihat, ternyata tenggorokan memerah, bengkak, bahkan ada bintik-bintik. Tandanya, kalian terserang radang tenggorokan. Penyebabnya bisa berupa bakteri atau rhinovirus. Keduanya dapat masuk ke tubuh lewat udara atau makanan dan minuman yang kotor.

Yuks Hidup Sehat

Nah, setelah mengetahui berbagai macam penyakit, kalian harus mengetahui cara pencegahannya. Semua diawali dengan hidup bersih dan sehat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan: 
  • Jangan Jajan Sembarangan. Makanan atau minuman yang kotor mengandung bakteri merugikan yang bisa mengakibatkan penyakit. Jangan membeli jajan yang sudah dihinggapi lalat, karena lalat juga menjadi pembawa berbagai virus atau bakteri. 
  • Jaga Kebersihan. Buang sampah pada tempatnya, bersihkan kamar atau kelas, dan rajin mandi.
  • Cuci Tangan. Sesudah main di luar, bersalaman, memegang hewan, atau bersin, kalian harus mencuci tangan, sela-sela jari, pergelangan, serta kuku kalian dengan sabun dan air bersih.
  • Asupan Gizi Harus Cukup. Makanan dan minuman yang bersih dan bergizi akan meningkatkan data tahan tubuh kita.
  • Makan 3 kali Sehari. Agar tubuh tetap bertenaga.
  • Olahraga Teratur. Sama dengan zat gizi, olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Istirahat Cukup. Kalau kalian kurang tidur atau istirahat, daya tahan tubuh bakal menurun dan penyakit pun mudah datang.
  • Imunisasi. Ini bisa dilakukan di dokter, puskesmas, atau bahkan imunisasi di sekolah. Hayo, jangan takut disuntik ya. Suntik atau vaksin berguna lho untuk daya tahan tubuh. 


Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6